Nyeri pada Dada Kiri, Gejala Jantung atau…

 Nyeri pada Dada Kiri, Gejala Jantung atau…

JAKARTA, Lintasparlemen.com – Bagi orang awam, nyeri pada dada menyangka dirinya penyakit jantung. Khususnya, saat nyeri yang sangat di bagian dada kiri. Kita yang awam, kadang menyangka itu jantungan.

Bahkan tak jarang dari kita, sangat khawatir dengan kondisi itu, jangan-jangan jantungan. Tapi tunggu dulu, saat mengalami masalah nyeri dada kiri, itu tak selamanya jantungan.

Menurut ahli jantung dari Siloam Hospitals Kebon Jerukdr Julio Ulaan SpJP, biasanya nyeri dada di bagian kiri kadang berasal dari jantung atau otot dada. Bagaimana kita membedakan keduanya?

“Kalau sakit dada karena otot biasanya kita bisa tunjuk lokasi sakitnya. Dan sakitnya berkurang atau bertambah dengan perubahan posisi atau menarik napas dalam, dan durasi sakit hanya beberapa detik atau menit saja,” ujar dr Julio seperti dikutip dari detikHealth.

Sementara, nyeri dada yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner biasanya ada rasa tidak nyaman di bagian dada.

“Jika Anda mengalami nyeri dada karena penyakit jantung koroner, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung. Atau pembuluh Anda sebaiknya diperiksa dahulu dengan treadmil test,” ujar dr Julio.

Gejala apa yang menyebabkan dada kiri sering nyeri. Jika rasa sakit di dada kiri karena masalah otot, sakitnya sangat menusuk, terasa berdenyut tapi sakit dan muncul sebentar.

Dan rasa sakit itu biasanya akan bertambah sakit atau berkurang dengan perubahan posisi tertentu dari yang bersangkutan. Sesuai pengalaman yang sering mengalaminya sakit itu akan hilang dengan bertahap.

“Karena itu, lakukan olahraga yang rutin. Jika Anda lebih sering berada di depan laptop atau komputer, jangan lupa lakukan pelemasan otot untuk mencegah nyeri pada bagian dada kiri,” pungkasnya. (HMS)

Facebook Comments Box