Presiden Prabowo Panggil Mentan Andi Amran Sulaiman Pecepatan Cetak Sawah

 Presiden Prabowo Panggil Mentan Andi Amran Sulaiman Pecepatan Cetak Sawah

JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto memanggil Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Wakil Menteri Pertanian Sudaryono ke Istana Presiden, Jakarta. Prabowo meminta kedua pembantunya itu untuk mempercepat cetak sawah.

“Kami ditugaskan oleh Bapak Presiden untuk melakukan percepatan cetak sawah,” ujar Amran di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2024) seperti dikutip detikcom.

Sebagai informasi, program cetak sawah dilakukan sejak Presiden SBY dan Jokowi. Dan kini program cetak sawah dipercepat di era Prabwo dan hal ini sudah dimulai di beberapa daerah.

Cetak sawah dipercepat seperti Merauke, Papua dan Kalimantan Tengah. Lalu cetak sawah juga akan dilakukan di Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, hingga Sumatera Selatan. Prabowo juga meminta agar petani diperhatikan. Khususnya, dari segi hulu yakni pupuk.

“Beliau sudah memerintahkan mengecek tambahan pupuk itu 100 persen yang dulu itu dicek apa benar sudah sampai ke tingkat petani. Kemudian Oplah, kita tindaklanjuti optimalisasi lahan dan seterusnya,” jelasnya.

Sementara itu, Wamentan Sudaryono mengatakan target cetak sawah sebanyak 3 juta hektare. Cetak sawah ini, kata Sudaryono, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pangan Indonesia beberapa dekade ke depan.

“Memang kita targetnya kan 3 juta hektare dalam 3-4 tahun ke depan. Ini menjadi sebuah kebutuhan karena penduduk kita nambah, tapi sawah kita nggak pernah nambah,” jelas Sudaryono.

“Kami perkirakan dengan 3 juta (hektare) itu bisa menjamin generasi kita 80 tahun ke depan,” lanjutnya.

Facebook Comments Box